Rabu, Juli 31

Mengenal Belanda dan karakteristiknya

Mengenal Belanda dan karakteristiknya 

Belanda merupakan negara yang menempati lahan paling rendah di dunia. Luas wilayah Belanda mencapai 41.526 km². Sebagian besar wilayah Belanda berupa polder, yaitu daratan yang diperoleh dengan cara mengeringkan air laut. 
 
Secara geografis, wilayah Belanda dapat dibagi menjadi dua, yaitu Belanda Rendah dan Belanda tinggi. Daerah Belanda Rendah terdapat di sebelah utara dan barat, sedangkan daerah Belanda Tinggi terdapat di sebelah tenggara. Di daerah Belanda Tinggi, ketinggian rata-rata wilayah adalah di bawah 50 m. Seperempat wilayah Belanda berada di bawah permukaan air laut, sehingga negara ini disebut netherland, yang artinya negara yang terletak di dataran rendah. Untuk melindungi wilayah dari genangan air, dibuat terpen, yaitu bukit raksasa buatan manusia.
Banyak penduduk Belanda yang merupakan pendatang dari Turki, Maroko, dan negara bekas koloninya. Seperti Indonesia, Suriname, dan Antila Belanda. Bahasa yang digunakan penduduk Belanda adalah bahasa Belanda dan Frisia. Adapun agama mayoritas di negara ini adalah Katolik Roma. 


Belanda berbentuk kerajaan. Kepala negaranya adalah ratu dan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Pusat pemerintahannya berada di kota Amsterdam yang sekaligus sebagai ibu kota negara.  Ekspor utama Belanda adalah mesin, daging, produk susu, dan bahan kimia. Pusat perdagangan Belanda terdapat di Kota Rotterdam. Kota ini juga menjadi pusat penyulingan minyak dan merupakan pelabuhan terbesar di dunia.
Belanda juga memiliki beberapa ciri khas, antara lain :
1.Dikenal sebagai Negeri Kincir Angin.
2.Disebut juga Negara Dam karena banyak terdapat ahli pembuat bendungan.
3.Mempunyai bunga nasional, yaitu bunga tulip.

Mengenal Belanda dan karakteristiknya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nurul Hidayat

0 komentar:

Posting Komentar