Mengenal Jepang dan karakteristiknya

0
 
Mengenal Jepang dan karakteristiknya
 
 
Bendera Jepang

Jepang merupakan negara kepulauan. Negara ini merupakan salah satu negara adidaya ekonomi di dunia. Jepang memiliki luas wilayah kira-kira 377.819 km². Wilayah Jepang mencakup lebih dari 1.000 pulau kecil dan 4 pulau utama, yaitu :
1.    Pualu Hokkaido, yang merupakan daerah pedesaan.
2.    Pulau Honsyu, yang merupakan pulau terbesar.
3.    Pulau Shikoku.
4.    Pulau Kyushu.
Wilayah Jepang beriklim subtropis sampai sedang. Kepulauan Jepang berbukit-bukit dan wilayah daratannya sempit. Wilayahnya sebaigan besar berupa pegunungan dan dataran pantai. Dari rangkaian pegunungan di Jepang terdapat gunung yang dianggap keramat, yaitu Gunung Fuji yang mempunyai ketinggian 2.775 m. Gunung Fuji terletak di Pulau Honsyu.
Jepang menerapkan teknologi tinggi dalam bidang pertanian. Meskipun lahan pertanian yang dimiliki sempit dan jumlah petani yang sedikit, Jepang tetap mampu menyediakan kebutuhan pangan penduduknya. Hasil pertanian Jepang antara lain beras, gandum, sayura, dan buah-buahan.
Populasi penduduk Jepang mencapai 126.926.000 jiwa di mana sebagian besar menetap di 4 pulau besar. Penduduk Jepang sebagian besar menganut agama Shinto. Agama lain yang dianut penduduk Jepang adalah Budha, Islam, dan Kristen.
Bentuk negara Jepang adalah kekaisaran. Kepala negaranya adalah kaisar dan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Lagu kebangsaan Jepang adalah Kimigayo. Ibu kota Jepang berada di Tokyo.
Perekonomian utama Jepang adalah sektor industri, seperti kendaran bermotor, peralatan listrik dan elektronik, alat perkantoran, bahan kimia, serta produk besi dan baja. Pembangunan industri Jepang dimulai pada akhir abad ke-19. Sejak tahun 1990-an, Jepang telah menjadi negara berteknologi maju. Semua aktivitas industri dilakukan dengan tenaga robot. Dalam melakukan aktivitas ekonomi sehari-hari, penduduk Jepang menggunakan mata uang Yen.
Jepang pun memiliki  ciri khas, yaitu :
1.Jepang disebut negara Sakura dan Negeri Matahai Terbit. Sakura adalah bunga khas negara tersebut. 
 
Bunga Sakura
 
2.Terdapat Gunung Fuji yang merupakan gunung keramat. Puncak gunung tersebut diselimuti salju.
3.Jepang sering dilanda tsunami dan gempa bumi.
4.Jepang dijuluki Macan Asia karena kemajuannya di bidang ekonomi.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)