Cara untuk mengatasi laptop yang cepat panas

0



Cara untuk mengatasi laptop yang cepat panas, Beberapa dari anda mungkin pernah mendapat notebook / netbook laptop cepat panas yang sangat terasa ketika digunakan, ada baiknya mengetahui apa penyebab laptop sering panas dan cara mengatasinya. Penyebab panas laptop biasanya dikarenakan penggunaan yang berlebih atau laptop yang diletakan di tempat tidak keras seperti kasur dan paha anda. Jangan dibiarkan laptop panas karena bisa berakibat fatal, laptop mati tiba2.
 
Sebelum memeriksa lebih lanjut kenapa laptop anda cepat panas, ada baiknya pertama-tama periksa dahulu kipas / pendingin laptop anda, Pastikan bahwa pendingin pada laptop Anda bekerja dengan baik. Namun jika Anda mengetahui bahwa laptop Anda memproduksi panas yang lebih sedangkan kipas atau fan bekerja silahkan simak beberapa tips cara mengatasi Laptop Panas :

1. Gunakan Kipas Pendingin Laptop / cooling pad
Asesoris pendingin Cooling Pad merupakan kipas yang bisa Anda jadikan meja untuk laptop Anda dan menguraing sedikit panas. Namun di pasaran tersedia banyak kipas pendingin yang bisa berakibat rusaknya laptop. Alih-alih mengeluarkan panas laptop, kipas pendingin yang kurang tepat bisa mengakibatkan panas terhambat. 

2. Jangan Gunakan Laptop Di Tempat Lembek
Hindari penggunaan laptop di atas bidang yang lunak, kasur contohnya. Karena jika Anda menggunakan laptop di atas bidang yang lunak dan tidak ada jarak antara lapisan bawah laptop Anda dengan bidang tersebut akan mengakibatkan laptop Anda tidak bisa mengambil udara dan akibatnya hawa panas akan lebih cepat menyerang dari biasanya dan Anda juga akan merasakannya dari telapak tangan Anda.

Sebaiknya anda tak meletakan laptop yang sedang dalam kondisi menyala di tempat yang sempit karena hal ini dapat meningkatkan panas.

3. Bersihkan kipas heatsink notebook dari debu
Pastikan bahwa pendingin pada laptop Anda bekerja dengan baik. Namun jika Anda mengetahui bahwa laptop Anda memproduksi panas yang lebih sedangkan kipas atau fan bekerja, maka Anda harus melakukan beberapa pengecekan dasar, seperti:

Cek kipas Anda: pertama-tama Anda harus melakukan cek pada kipas Anda, mungkin saja terdapat sedikit kesalahan pada kipas Anda sehingga laptop cepat panas, atau Anda bisa mengunduh program untuk mendiagnosis kipas laptop Anda.
    
Bersihkan ventilasi udara: periksa ventilasi udara pada laptop Anda, debu dapat menghalangi udara panas yang akan keluar.
    
4. Cek Setting BIOS
Cek pengaturan BIOS Anda: untuk melakukan pengecekan ini, ada sebuah software yang akan membantu Anda untuk memberitahu komputer Anda apakah panas atau terlalu panas. Terkadang, update BIOS menerapkan pengaturan suhu revisi yang dapat mengoptimalkan pendingin pada laptop Anda. Namun Anda harus berhati-hati pada saat melakukan pengecekan pada BIOS ini.

5. Download Software Setting Power Laptop
Anda dapat mengatur setting power untuk mencegah panas yang berlebih pada beberapa komponen. Contohnya, anda dapat mengatur baigan-bagian seperti layar dan hard drive. Beberapa Software yang dapat membantuk mengontrol panas dalam laptop pun dapat anda install ke dalam laptop. Salah satunya adalah dengan cara menginstal Software Monitoring, seperti speedfan yang memungkinkan Anda untuk mengawasi serta membantu suhu proseseor , hard drive, dan komponen lainya.

Semoga beberapa tips memperbaiki / mengatasi laptop cepat panas diatas bisa bermanfaat untuk kita semua, jangan sampai Laptopnya jadi rusak karena mengabaikan suhu laptop yang terlalu panas dalam waktu yang lama.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)