Mengenal Arab Saudi dan karakteristiknya

0


 

Arab Saudi atau disebut juga Saudi Arabia merupakan kerajaan padang pasir yang menempati sebagian besar Semenanjung Arab. Saudi Arabia merupakan negara terkaya di kawasa Timur Tengah. Luas wilayah Saudi Arabia sekitar 2.240.690 km².

Bagian timur Saudi Arabia merupakan pegunungan yang membentang hingga ke selatan. Puncak tertinggi pegunungan ini adalah Jabal Sawda yang juga merupakan puncak tertinggi di Saudi Arabia. Di daerah ini terdapat oasis, yaitu sumber air di padang pasir. Di bagian timur laut terdapat plato besar. Bagian selatan dan tenggara Arab Saudi ditutup Gurun Arab Besar (Ar Rub’ Al-Khali). Kawasan ini kering dan keras karena tidak memperoleh hujan sepanjang tahun. Di bagian barat terdapat dataran rendah yang disebut Tihama. Sebagian besar daerah pantai tertutup sabkha (dataran garam). Di daerah-daerah tertentu terdapat sungai kering yang disebut Wadi.

 

Penduduk Saudi Arabia terdiri dari suku bangsa Semit, Hasbsy, dan Badui. Mayoritas penduduk Saudi Arabia adalah percampuran antara bangsa Semit dan Hasbsy.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)