Mengenal Cina dan karakteristiknya

0

Mengenal Cina dan karakteristiknya


Cina merupakan negara dengan jumlah penduduuk terbesar di dunia dan merupakan negara terluas keempat di dunia. Luas wilayah Cina kira-kira 9.560.780 km². Keadaan alam Cina dibedakan menjadi 3 wilayah utama, yaitu :
1.    Wilayah barat daya
Daerah ini disebut Plato Tibet yang merupakan plato tertinggi di dunia. Wilayah Plato Tibet banyak ditutupi pecahan es, rawa, dan danau garam. Di Plato Tibet terdapat Pegunungan Kwan Lun dan Pegunungan Himalaya.
2.    Wilayah timur dan utara
Wilayah timur dan utara merupakan dataran tinggi. Daerah ini dialiri Sungai Yangtze yang merupakan sungai terbesar di Cina dan terbesar di Asia. Sungai lain di wilayah Cina adalah Sungai Si Kiang dan Sungai Hwang Ho atau Sungai Kuning.
3.    Wilayah barat laut
Wilayah barat laut merupakan dataran tinggi yang sangat luas. Di wilayah ini terdapat Gurun Gobi yang membentang hingga Mongolia.
Cina beriklim subtropis, tropis, dan iklim muson. Daerah yang beriklim subtropis adalah Cina bagian utara. Bagian selatan beriklim tropis dan di daerah pantai beriklim muson. Cina merupakan negara berpenduduk terpadat di dunia, dengan populasi 1.284.960.000 jiwa. Sebagian besar penduduk Cina didominasi Suku Han yaitu sekitar 94%. Sisanya adalah Suku Mongol, Manchu, Korea, dan Turki. Bentuk negara Cina adalah republik dan kepala negaranya adalah seorang presiden. Kepala pemerintahannya adalah seorang perdana menteri. Cina beribu kota di Beijing. Bahasa resmi Cina adalah Bahasa Mandarin.
Mata pencaharian utama penduduk Cina adalah pertanian. Jenis tanaman yang banyak diusahakan adalah padi, jagung, gandum, teh, kapas, dan tebu. Cina terkenal sebagai negara peternak ulat sutra dan penghasil bahan baku sutra terbaik di dunia. Cina juga memiliki cadangan mineral dalam jumlah besar, seperti batu bara, grafit, titanium, dan tungsten. Dalam aktivitas sehari-hari, penduduk Cina menggunakan mata uang Yuan.
Cina pun memiliki ciri khas, yaitu :
1.Terdapat Tembok Besar (The Great Wall) yang terletak di pegunungan bagian utara.
2.Merupakan penghasil sutra terbaik di dunia.
3.Memiliki Panda sebagai hewan khas Cina.


4.Tempat lahir dan berkembangnya seni bela diri Kungfu.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)