Mengenal Filipina dan Karakteristiknya

0





      Negara Filipina mendapatkan kemerdekaannya dari Amerika Serikat pada tanggal 4 Juli 1946. Negara Filipina memiliki nama nasional Republika Pilipinas dan nama internasional Republic of the Philippines. Ibukoa negara Filipina adalah Manila. Sistem pemerintahannya ialah republik. Negara Filipina dipimpin oleh seorang presiden yang menjabat selama enam tahun. Meskipun demikian, seorang Presiden Filipina hanya diperkenankan menjabat selama satu periode. Jabatan presiden selain sebagai kepala negara juga sebagai kepala pemerintahan. Mata uang negara ini adalah Peso. Negara Filipina juga memiliki lagu kebangsaan yang berjudul Lupang Hirirang.

a.    Letak, luas, dan batas wilayah
Wilayah negara Filipina secara astronomis terletak di antara garis lintang 4°LU – 19°LU dan garis bujur 116°BT – 127°BT. Luas seluruh wilayah negara Filipina kira-kira 300.324 km², dan batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut :
a.)      Sebelag utara dan  timur        :      Samudra Pasifik
b.)      Sebelah selatan                     :      Laut Sulawesi dan Laut Sulu
c.)      Sebelah barat                         :      Laut Cina Selatan

b.   Bentang alam
Filipina merupakan negara kepulauan dengan pulau-pulau besar, antara lain Pulau Luzon, Pulau Mindanau, Pulau Mindoro, Pulau Samar, Pulau Palawan, Pulau Leyte, dan Pulau Cebu. Sebagian besar wilayah Filipina di dominasi oleh pegunungan dengan dataran rendah, sempit, dan pantai karang. Pegunungan di Filipina merupakan bagian dari jalur pegunungan Sirkum Pasifik sehingga di Filipina, sering terjadi gempa karena memiliki banyak gunung api. Beberapa gunung api di Filipina, di antaranya Gunung Apo yang merupakan gunung tertinggi di Filipina, Gunung Pulog, Gunung Pinatubo, dan Gunung Mayon.
Sungai-sungai di Filipina umumnya pendek-pendek dangan aliran yang deras, conthnya : Sungai Cagayon, Sungai Agno, dan Sungai Pampanga di Pulau Luzon, serta Sungai Agusan dan Sungai Mindanau di Pulau Mindanau. Tepat di sebelah timur Filipina terdapat palung yang terdalam di dunia, yaitu Palung Mariana. 

Gunung Apo

c.    Keadaa iklim
Berdasarkan letak astronomisnya, seluruh wilayaah negara Filipina beriklim laut tropis. Musim hujan berlangsung dari Oktober – April, sedangkan musim kemarau berlangsung dari April – Oktober. Filipina sering tertimpa bencana angin taifun, yaitu hujan deras yang disertai dengan angin yang kencang, bertiup dari Samudra Pasifik menuju Laut Cina Selatan, angin ini terjadi antara bulan September dan November, dan bersifat merusak.

d.   Keadaan penduduk
Sebagian besar penduduk Filipina termasuk keturunan Melayu, penduduk asli Filipina adalah bangsa Negrito yang tinggal di daerah pedalaman. Selain itu terdapat juga orang Mestizo, Cina, dan Moro. Agama yang di anut oleh sebagian besar orang Filipina adalah agama Katholik Roma. Hanya orang Moro yang tinggal di Pulau Mindanau sebagian besar menganut agama Islam. Bahasa resmi yang digunakan penduduk Filipina adalah bahasa Filipina (Bahasa Tagalog).

e.    Perekonomian
Filipina merupakan negara agraris dengan hasil utamanya : padi, jagung, ketela, dan buah-buahan. Di Pulau Luzon, yaitu di Kota Los Banos didirikan pusat penelitian padi internasional (International Rice Research Institute) yang menghasilkan bibit padi jenis unggul dan tahan wereng seperti IR (International Rice). Tanaman perdagangan yang menjadi andalan ekspor Filipina adalah tebu, kelapa (kopra), dan tembakau. Hasil tambang Filipina berupa bijih besi, krom, dan tembaga.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)