Mengenal Malaysia dan Karakteristiknya

0




Malaysia mendapatkan kemerdekaan dari penjajah Inggris pada tahun 1957. Malaysia memiliki nama resmi Kerajaan Malaysia. Ibu kota negara ini adalah Kuala Lumpur dengan sistem pemerintahan kerajaan federal. Malaysia dipimpin oleh seorang kepala negara yang disebut Sultan Yang Dipertuan Agong, dijabat secara bergilir oleh para sultan negara bagian untuk masa lima tahun. Kepala pemerintahan dijabat oleh seorang perdana menteri yang merupakan ketua dari partai politik yang memenangkan pemilihan umum. Mata uang negara ini ialah Ringgit. Lagu kebangsaannya berjudul Negaraku.
a.    Letak, Luas, dan batas wilayah
Wilayah negara Malaysia terdiri atas dua bagian, yaitu Malaysia Barat yang terletak di Semenanjung Malaysia dan Malaysia Timur yang terletak di Kalimantan bagian utara. Wilayah Malaysia Barat terdiri atas 11 negara bagian, yaitu : Johor, Malaka, Negeri Sembilan, Selangor, Pahang, Trengganu, Kelantan, Perak, Penang, Kedah, dan Perlis. Wilayah Malaysia Timur ini terdiri atas dua negara bagian, yaitu : Sabah dan Serawak.
Secara astronomis, wilayah Malaysia terletak di antara 1°LU ─ 7°LU dan 100°BT ─ 119°BT. Luas seluruh wilayah negara Malaysia kurang lebih 333.647 km². Bats-batas wilayah Malaysia Barat yang terletak di Semenanjung Malaysia adalah sebagai berikut :
1.)    Sebelah utara             :         Laut Cina Selatan dan Thailand
2.)    Sebelah timur             :         Laut Cina Selatan
3.)    Sebelah selatan          :         Singapura dan Selat Malka
4.)    Sebelah barat             :         Selat malaka
Adapun batas-batas Malaysia Timur yang terletak di bagian utara Pulau Kalimantan adalah sebagai berikut :
1.)  Sebelah utara            :         Laut Cina Selatan
2.)  Sebelah timur            :         Laut Sulu
3.)  Sebelah selatan         :         Kalimntan Barat dan Kalimantan Timur
4.)  Sebelah barat            :         Laut Cina Selatan
b.   Bentang alam
1.)  Malaysia Bagian Barat
Malaysia bagian barat atau Semenanjung Malaya dibelah oleh rangkaian pagunungan yang memisahkan kawasaan pantai barat dan timur pada bagian utaranya. Puncak tertinggi dari pegunugan tersebut ialah Gunung Tahan yang memiliki ketinggian kira-kira 2.187 m. Nama-nama gunung lain di Malaysia Barat, antara lain : Gunung Batu Putih, Gunung Chamah, Gunung Korbu. Di Malaysia Barat juga terdapat beberapa dataran rendah, yaitu Dataran Selangor di barat, Dataran Johor di selatan, Dataran Pahang di timur, dan Dataran Kelantan di timur laut. Sedang beberapa sungai di Malaysia Barat, antara lain : Sungai Pahang, Sungai Perak, dan Sungai Kelantan.
2.)  Malaysia bagian timur
Wilayah Malaysia Timur sebagian besar berupa pegunungan yang merupakan rangkaian atau bagian dari Pegunungan Sirkum Pasifik, dengan puncak tertinggi adalah Gunung Kinabalu dengan tinggi kira-kira 4.175 m. Dataran rendah terdapat di sepanjang pantai utara dan pantai bagian barat. Sungai utama yang terdapat di Malaysia Timur ini, antara lain : Sungai Kinabatangan, Sungai Rajam, dan Sungai Baram.
c.    Keadaan iklim
Berdasarkan letak astronomis dan kondisi alamnya, seluruh wilayah Malaysia beriklim laut tropis dengan curah hujan cukup tinggi, yaitu sekitar 2.500 – 5.000 m per tahun. Pada bulan Oktober – Maret bertiup angin musin timur laut yang banyak mengandung uap air melewati Malaysia sehingga wilayah tersebut terjadi musim hujan sedangkan musim kemarau terjadi pada bulan April – September.
d.   Keadaan penduduk
Sebagian besar penduduk Malaysia adalah orang Melayu, selain itu juga terdapat orang Cina, India, Pakistan, dan sedikit orang Eropa. Penduduk asli Malaysia adalah suku bangsa Semang dan Sakai yang hidup di hutan pegunungan. Penduduk di Serawak terdiri atas orang Dayak Pesisir, Cina, dan Dayak Pedalaman sedangkan penduduk Sabah terdiri atas orang Kadazan, Cina, dan Bajau.
Agam Islam merupakan agama resmi di Malaysia, yang dianut oleh sebagian besar penduduk Malaysia. Agama lain yang terdapat di Malaysia, yaitu agama Kong Hu Cu terutam dianut oleh orang Cina dan agama Hindu terutama dianut orang India.
e.    Perekonomian
Struktur ekonomi Malaysia adalah agraris, hasil pertanian utama berupa padi yang merupakan makanan pokok penduduk. Hasil perkebunan yang diekspor ke luar negeri, yaitu : karet, kelapa sawit, dan kopra. Adapun hasil tambang utamanya adalah timah putih, minyak bumi, bauksit, bijih besi, dan tembaga. Sektor industri di Malaysia sudah cukup maju, yaitu industri bahan makanan, alay rumah tangga, elektronik, dan perakitan kendaraan  bermotor. Daerah industri terbesar di Malaysia terdapat Petaling Jaya dan Shah Alam.

 
Menara Petronas

Lima puluh persen wilayah Malaysia merupakan kawasan hutan yang terutama mencakup sebagian besar wilayah Sabah dan Serawak. Pepohonan yang banyak dijumpai di kawasan hutan Malaysia antara lain hutan mangrove di akwasan pantai, hutan pohon ek, mahoni, dan jati. Bunga Raflessia Arnoldi yang merupakan jenis bunga terbesar di dunia juga dapat dijumpai di Malaysia bagian timur.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)