Mengenal Singapura dan karakteristiknya

0



Nama resmi negara Singapura adalah International Republic of Singapore. Ibukota Singapura ialah kota Singapura yang berada di Pulau Singapura Utama. Adapun sistem pemerintahannya berbentuk republik. Kepala negara dijabat oleh seorang presiden, sedangkan kepala pemerintahan dijabat oleh seorang perdana menteri yang diangkat oleh presiden. Mata uang negara ini ialah Dollar Singapura. Singapura mendapatkan kemerdekaan dari penjajah Inggris pada tahun 1957. Lagu kebangsaan negara ini berjudul Majulah Singapura.

a.    Letak, luas, dan batas wilayah
Singapura terletak di selatan Semenanjung Malaysia, yang dipisahkan oleh Selat Johor. Wilayah negara secara astronomis terletak di antara 10°15’LU – 1°26’LU dan 103°40’BT – 104°BT. Luas wilayah Singapura kurang lebih 622 km², sedangkan batas-batas wilayahnya sebagai berikut :
1.    Sebelah utara           :      Selat Johor
2.    Sebelah timur          :      Selat Singapura
3.    Sebelah selatan        :      Selat Singapura
4.    Sebelah barat           :      Selat Malaka dan Selat Johor

b.   Bentang alam
Satu-satunya pulau utama di Singapura, adalah Pulau Singapura yang dikelilingi oleh sekitar 50 pulau kecil. Pulau-pulau kecil tersebut, antara lain Pulau Tekong Besar, Pulau Ubin, Pulau Sentosa, Pulau Ayer Chawan, Pulau Brani, dan sebagainya.
Secara garis besar bentang alam atau relief Singapura dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut,
1.    Bagian timur berupa daratan rendah yang beraw-rawa.
2.    Bagian barat berupa perbukitan dan lembah sungai.
3.    Bagian tengah merupakan perbukitan dangan empat puncak bukit, yaitu Bukit Timah, Bukit Panjang, Bukit Mandai, dan Bukit Kalang.
Sungai di Singapura pendek-pendek dan bermata air di bukit-bukit, contohhnya sungai Singapura, Sungai Kalang, Sungai Serangon, dan Sungai Kranji. 

Sungai Serangon

c.    Keadaan iklim
Jika dilihat dari letak astronomisnya, Singapura beriklim tropis basah yang dipengaruhi oleh angin musim. Musim penghujan di Singapura terjadi antara bulan Novembeer – Maret dan musim kemarau terjadi pada bulan april – September. Curah hujan tertinggi terjadi pada bulan Desember dan curah hujan terendah terjadi pada bulan Agustus.

d.   Keadaan penduduk
Singapura merupakan negara yang paling padat penduduknya di kawasan Asia Tenggara. Sebagian besar penduduk Singapura adalah orang Cina, penduduk lainnya, yaitu orang Melayu, India, Sri Lanka, Pakistan, dan Eropa. Orang Cina di Singapura menganut agama Kong Hu Cu, orang Melayu menganut agama Islam, orang India, Sri Lanka, dan Pakistan Menganut agama Hindu, sedangkan orang Eropa sebagian besar menganut agama Kristen. Bahasa resmi yang digunakan panduduk Singapura adalah Mandarin, Melayu, dan Inggris (yang digunakan dalam administrasi).

e.    Perekonomian
Singapura adalah negara industri terbesar di Asia Tenggara, maka sebagian besar penduduknya bekerja di sektor industri. Kawasan industri terbesar Singapura terletak di daerah Jurong. Jenis industri yang terdapat di Singapura antara lain, industri ringan (elektronika, kimia, tekstil, makanan dalam kaleng) dan industri berat (besi baja, galangan kapal, suku cadang pesawat, mesin diesel, dan lain-lain.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)