Mengenal Vietnam dan Karakteristiknya

0




Ibukota Vietnam terletak di kota Hanoi. Vietnam meproklamasikan kemerdekaannya dari tangan Prancis pada bulan September 1945. Vietnam memiliki nama resmi internasional the Socialist Republik of Vietnam. Sistem pemerintahannya ialah republik sosialis-komunis. Kepala negara Vietnam dijabat oleh seorang presiden, sedangkan kepala pemerintahan dijabat oleh seorang perdana menteri. Baik presiden maupun perdana menteri dipilih oleh Majelis Nasional Vietnam. Mata uang negara ini ialah Dong. Lagu kebangsaan Vietnam adalah Forward Soldel.

a.    Letak, luas, dan batas wilayah
Wilayah negara Vietnam terletak di pantai timur Semenanjung Indo Cina. Secara astronomis wilayah Vietnam terletak di antara garis lintang 4°LU – 24°LU dan garis bujur 104°BT – 109°BT. Luas wilayah Vietnam kurang lebih 331.653 km², dengan batas-batas wilayah sebagai berikut,
1.    Sebelah utara           :      Republik Rakyat Cina
2.    Sebelah timur          :      Laut Cina Selatan dan Teluk tonkin
3.    Sebelah selatan        :      Laut Cina Selatan
4.    Sebelat barat           :      Kamboja, Laos, dan Teluk Siam

b.   Bentang alam
Bentang alam Vietnam secara umum dikelompokkan menjadi empat bagian, yaitu sebagai berikut :
1.    Pegunungan Utara
Terletak di bagian barat laut yang wilayahnya sebagian besar tertutup oleh hutan lebat. Pegunungan utara merupakan hulu dari beberapa sungai besar di Vietnam, seperti : Sungai Songka/Sungai Merah, Sungai Songcay, Sugai Songgam, dan Sungai Songoau. Puncak tertinggi di Vietnam adalah Gunung Fan Si Pan dengan tinggi kira-kira 3.143 m. 

Gunung Fan Si Pan

2.    Pegunugan Annam
Rangkaian pegunungan ini terletak di sebelah barat, yang membujur dari pegunungan utara sampai ke Ho Ci Minh.
3.    Dataran pantai
Dataran ini terletak di sebelah timur bagian tengah yang membujur dari delta Sungai Merah sampai delta Sungai Mekong.
4.    Delta Sungai Mekong
Daerah ini merupakan dataran aluvial yang subur dari Sungai Mekong, yang berada pada ketinggian 3 m dari permukaan laut.

c.    Iklim
Berdasarkan letak astronomisnya Vietnam beriklim tropis yang dipengaruhi oleh angin musim. Bagian tengah wilayah Vietnam pada umumnya lebih kering dan dingin.

d.   Keadaan penduduk
Daerah-daerah di Vietnam yang padat penduduknya, yaitu di sekitar Sungai Merah dan Hanoi di bagian utara serta bagian selatan di sekitar Sungai Mekong dan Ho Ci Minh penduduk Vietnam sebagian besar orang Vietnam, dan beberapa orang Cina, Thai, dan Khmer yang merupaka kelompok peduduk pendatang. Penduduk asli orang vietnam adalah orang Champa dan Montagnard di Vietnam bagian utara dan orang Muang, Tay, Nung terdapat di selatan. Penduduk Vietnam sebagian besar manganut agama Budha. Bahasa resmi yang digunakan di Vietnam adalah bahasa Vietnam.

e.    Perekonomian
Vietnam adalah negara agraris dengan hasil utamanya padi. Daerah penanaman padi di sekitar delta Sungai Merah, delta Sugai Mekong, dan di sepanjang dataran pantai. Hasil pertanian yang lain ialah jagung, ubi jalar, singkong, dan hortikultura. Adapun kegiatan perkebunan menghasilkan kopi, kelapa, kapas, tebu, tembakau, karet, dan teh. Hasil hutannya antara lain kayu jati, kayu hitam, dan kayu keras lainnya.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)