Jumat, Oktober 25

Mengenal Kamboja dan karakteristiknya




Kamboja memiliki bentang alam yang indah. Negara ini memiliki luas wilayah kira-kira 181.035 km². Secara astronomis, Kamboja terletak pada 10°LU – 15°LU dan 102°BT – 108°BT. Adapun secara geografis, kamboja terletak di Semenanjung Indocina. Batas-batas wilayah Kamboja, yaitu :

a. Di sebelah utara               :    Thailand dan Laos
b. Di sebelah timur               :    Vietnam
c. Di sebelah selatan            :    Teluk Siam
d. Di sebelah barat               :    Thailand

Wilayah bagian tengah Kamboja adalah sebuah basin/cekungan. Cekungan ini dikelilingi daratan yang luas dan dialiri Sungai Mekong. Di pusat cekungan terdapat Danau Tonle Sap yang merupakan danau terbesar di Asia Tenggara. Di sebelah tenggara cekungan terdapat delta Sungai Mekong yang membentang dari Vietnam hingga ke Muara Sungai Mekong di Laut Cina Selatan. Adapun di sebelah utara dan barat daya cekungan terdapat beberapa rangkaian pegunungan.
Dataran tinggi Kamboja terdapat di bagian timur. Dataran tinggi ini membentang dari wilayah tengah Kamboja hingga masuk wilayah Vietnam. Di Kamboja juga terdapat Pegunungan Cardamon dengan panjang 160 km. Pegunungan tersebut membenang hingga melintasi perbatasan Kamboja dan Thailand. Puncak tertinggi dari Pegunungan Cardamon adalah Phnum Aoral dengan tinggi kira-kira 1810 m. Kamboja juga memiliki pelabuhan alam terbaik di asia Tenggara. Pelabuhan tersebut terdapat di Teluk Kompong Sam.
Kamboja disebut juga Kampuchea. Kamboja merdeka dari penjajahan Prancis pada tanggal 9 November 1953. Bentuk negara Kamboja adalah kerajaan. Ibu kota Kamboja adalah Phnom Penh. Kepala negara Kamboja adalah raja, sedangakn kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Bahasa nasional Kamboja adalah Khmer. Dan lagu kebangsaannya adalah Our Country.
Meskipun miskin kandungan mineral, wilayaah Kamboja memiliki cukup banyak sumber daya alam. Mata pencaharian penting penduduk Kamboja adalah pertanian. Daerah pertanian banyak terdapat di sepanjang Sungai Mekong dan sekitar Danau Tonle Sap. Padi termasuk hasil pertanian Kamboja yang terbesar. Selain tanaman padi, Kamboja juga memproduksi  karet dalam jumlah yang sangat besar. Hasil pertanian dan perkebunan lainnya berupa jagung, buncis, umbi-umbian, dan tembakau. Hasil tambang Kamboja yaitu tembaga, besi, mangan, dan emas. Penduduk Kamboja juga melakukan usaha di bidang perikanan dan kehutanan. Hasil hutan Kamboja adalah jati dan mahoni. Dalam transaksi perekonomian sehari-hari, masyarakat Kamboja menggunakan mata uang Riel.
Penduduk Kamboja terdiri dari bangsa Khmer yang merupakan penduduk palig banyak, yang lainnya Vietnam dan Cina. Agama resmi yang dianut oleh penduduk Kamboja adalah Budha Theravada dan sebagian kecil beragam Hindu.

Mengenal Kamboja dan karakteristiknya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nurul Hidayat

0 komentar:

Posting Komentar