Jumat, Oktober 18

Mengenal Papua Nugini dan karakteristiknya





Papua Nigini memiliki wilayah daratan yang kaya dengan sumber daya alam. Papua Nugini memiliki luas wilayah kira-kira 462.840 km². Secara astronomis, Papua Nugini terletak pada 1°LS – 12°LS dan 141°BT – 157°BT. Sedangkan secara geografis, Papua Nugini terletak di Pulau Papua bagian timur. Adapun batas-batas wilayahnya yaitu :
a.   Di sebelah utara dan timur   :      Samudra Pasifik
b.   Di sebelah selatan                :      Laut Koral dan Laut Torres
c.   Di sebelah barat                   :      Provinsi Papua (Indonesia.
Papua Nugini terdiri atas lebih dari 600 pulau. Wilayah Papua Nugini merupakan dataran rendah di pesisir pantai dan masuk ke pedalaman meninggi membentuk pegunungan yang tidak rata. Lebih dari 80% daratan Papua Nugini tertutup hutan rimba. Nama resmi Papua Nugini adalah Papua New Guinea. Negara ini merdeka pada tanggal 16 September 1975. Papua Nugini merupakan negara persemakmuran Inggris. Kepala negaranya adalah Ratu Inggris yang diwakili seorang gubernur jenderal, sedangkan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Ibu kota Papua Nugini adalah Port Moresby.

Hutan di Papua Nugini
Industri kayu merupakan industri andalan Papua Nugini. Selain industri, penduduk negara ini juga mengusahakan bidang pertanian dan pertambangan. Hasil pertanian Papua Nugini antara lain kopi, kelapa, cokelat, karet, dan kelapa sawit. Adapun pertambangannya menghasilkan tembaga, emas, perak, nikel, kobalt, minyak bumi, dan gas alam. Mata uang yang digunakan adalah Kina.
Penduduk asli Papua Nugini adalah keturunan bangsa Melanesia. Mereka hidup di daerah dataran tinggi. Terdapat lebih dari 800 bahasa daerah yang digunakan. Adapun bahasa resmi Papua Nugini adalah bahasa Inggris dan Tok Pisin. Mayoritas penduduk Papua Nugini beragama Kristen. Agama lain yang berkembang adalah Katolik Roma dan kepercayaan tradisional.

Mengenal Papua Nugini dan karakteristiknya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nurul Hidayat

0 komentar:

Posting Komentar