Jumat, Oktober 25

Mengenal Thailand dan karakteristiknya




Thailand merupakan negara paling stabil di Asia Tenggara. Industrinya berkembang pesat, termasuk industri pariwisata yang menyumbang banyak devisa negara. Luas wilayah negara ini ± 513.115 km². Sedangakan secara astronomis, Thailand terletak pada 6°LU – 107°LU dan 97°BT – 107°BT. Adapun batas-batas negara meliputi :

a. Di sebelah utara     :  Laos dan Myanmar.
b. Di sebelah timur     :  Kamboja dan Laos.
c. Di sebelah selatan  :  Teluk Siam dan Malaysia.
d. Di sebelah barat     :  Samudra Hindia dan Myannmar.
 
Berdasarkan keadaan alamnya, wilayah Thailand dibagi menjadi empat, yaitu : 
1. Dataran rendah di bagian tengah, dialiri oleh Sungai Chao Praya. Daerah ini merupakan daerah tersubur di Thailand dan sangat cocok untuk pertanian padi.
2. Daerah pegunungan di bagian utara dan barat, dengan puncaknya yang tertinggi adalah Gunung Dai Inthanon dengan tinggi kira-kira 2.594 m.
3. Pegunungan kapur di bagian timur. Di daerah ini terdapat Plato Korat. Plato tersebut mencakup lebih dari seperempat luas daratan Thailand. Di daerah pegunungan ini mengalir anak Sungai Mekong.
4. Semenanjunng Thailand Selatan berupa bukit-bukit rendah.

Pemandangan Kota Bangkok
Di Thailand terdapat Tanah Genting Kra yang terletak di daratan sempit antara Laut Andaman dan Teluk Siam. Thailand adalah negara kerajaan. Ibukotanya adalah Bangkok. Kepala negara Thailand adalah raja dan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Lagu kebangsaannya adalah Pheng Chartd Thai.
Mata pencaharian penduduk Thailand adalah pertanian, kehutanan, partambangan, dan industri. Hasil pertanian yang terbesar negara tersebut adalah padi. Thailand merupakan lumbung padi di Asia Tenggara. Hasil hutan Thailand adalah kayu jati. Pertambangan Thailand menghasilkan timah dan mangan. Industri Thailand menghasilkan tekstil, semen, dan barang elektronik. Pariwisata merupakan penghasil devisa utama Thailand. Kota wisata di Thailand adalah Bangkok, Chiang Mai, dan Pattaya. Sedangkan mata uang negara Thailand adalah Baht.
Penduduk Thailand terdiri dari suku bangsa Thai, Cina, India, dan Melayu. Suku Thai merupakan penduduk terbesar di negara tersebut sehingga Thailand disebut juga Muangthai. Agama yang dianut oleh sebagian besar penduduk Thailand adalah Budha. Agama lain yang berkembang di negara tersebut adalah Hindu, Nasrani, dan Islam. Bahasa resmi Thailand adalah bahasa Thai atau bahasa Siam.

Negara Thailand memiliki beberapa julukan, antara lain :
1. Negeri Gajah Putih, karena gajah merupakan hewan suci di negara tersebut.
2. Negeri seribu pagoda, karena banyak terdapat pagoda di negara tersebut. Pagoda adalah tempat beribadah umat Budha.
3. Rumah Rakyat Merdeka, karena merupakan negara yang belum pernah dijajah oleh bangsa Eropa.

Mengenal Thailand dan karakteristiknya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nurul Hidayat

1 komentar: