Senin, Maret 3

Daftar 10 negara terluas di dunia



Daftar 10 negara terluas di dunia, Kali ini saya akan berbagi kepada kalian mengenai informasi unik. Apa itu? Ialah Daftar 10 negara terluas di dunia yang mungkin akan menambah wawasan dan pengetahuan anda. Dan saya juga akan memberikan sedikit profil mengenai negara yang bersangkutan. Berikut Daftar 10 negara terluas di dunia:

1. Rusia
Rusia merupakan salah satu negara yang terletak di Benua Eropa. Rusia menjadi negara terluas di dunia karena memiliki luas 17.075.200 km². Negara Rusia beribu kota di Moskow dan memiliki bahasa nasional yaitu Bahasa Rusian. Banyak hal-hal yang terkenal dari rusia diantaranya ialah bangunan Katedral Santo Basil yang terletak di kota Moskow.

Katedral Santo Basil

2. Kanada
Kanada memiliki luas 9.976.140 km². Terletak di Benua Amerika dan beribukota di Toronto. Tidak banyak hal yang terkenal dari negara yang satu ini namun negara ini sudah menjadi negara maju. Yang terkenal dari negara ini mungkin Menara CN, itupun belum banyak orang yang tahu. Dalam kesehariannya, penduduk Kanada menggunakan bahasa Ingris.

Menara CN

3. Amerika Serikat
Siapa yang belum tahu dengan negara yang satu ini, ya negara Amerika Serikat yang dalam bahasa Inggrisnya United States, memiliki banyak pengaruh di berbagai bidang di dunia ini. Selain berpengaruh, negara ini juga menjadi salah satu negara terluas dengan luas 9.629.091 km². Ibu kotanya ialah Washington D.C. Banyak yang menonjol dari negara ini, diantaranya bentang alamnya yang indah, orang-orangnya yang memiliki peran hampir di segala bidang, perfilmannya yang terkenal yakni Hollywood, dan masih banyak lagi.

Grand Canyon

4. Cina
Cina memiliki luas wilayah 9.596.960 km² yang menjadikannya menduduki posisi keempat sebagai negara terluas di dunia. Negara Cina menggunakan bahasa Mandarin sebagai bahansa nasionalnya dan memiliki sistem penulisan yang kepopulerannya tidak usah diragukan. Ada spesies binatang yang menjadi ciri khas dari negara ini, yakni binatang panda. Beribu kota di Beijing dan terletak di kawasan Asia Timur. Selain sebagai salah satu negara terluas, Cina juga menjadi negara dengan penduduk terbanyak nomor satu di dunia yakni sekitar 1.298.847.650 jiwa.

Penduduk Cina

5. Brasil
Posisi lima diduduki oleh brasil dengan luas wilayah 8.511.965 km². Negara ini terletak di kawasan Amerika Selatan atau yang dikenal dengan kawasan Amerika Latin. Di kesehariannya, penduduk brasil menggunakan bahasa Portugis yang sekaligus sebagai nasional Brasil. Negara ini terkenal dengan memiliki hutan terluas di dunia yakni hutan Amazon dan sungai terbesar yakni Sungai Amazon. Brasil juga terkenal di bidang sepak bola, ini dibuktikan dengan menjuarai Piala Dunia sebanyak 5 kali yakni pada tahun 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002.

Hutan Amazon

6. Australia
Negara Australia sebenarnya sebuah benua yang berukuran kecil dengan luas wilayah 7.686.850 km². Sehingga bisa disimpilkan Australia merupakan sebuah benua sekaligus negara. Yang unik dari negara ini ialah dengan memiliki bangunan berbentuk seperti kapal layar yang terletak di tepi laut, yakni Sidney Opera House. Penduduk Australia merupakan penduduk imigran dari Eropa, sedangkan penduduk asli Australia ialah suku Aborigin. Suku Aborigin memiliki senjata tradisional yang sudah mendunia yakni Bumerang. Negara ini sudah termasuk negara maju dengan kota-kotanya yang indah.

Bumerang

7. India
India terletak di kawasan Asia Selatan. Beribu kota di New Delhi dengan luas wilayah 3.287.590 km². Negara ini memilki ciri khas yakni Taj Mahal yang merupakan sebuah makam. India memiliki indutri film yang sudah mendunia yakni Bollywood. Mayoritas penduduk India memeluk agama Hindu. Dalam kesehariannya, penduduk India menggunakan bahasa Hindi yang juga sebagai bahasa Nasional.

Kota New Delhi

8. Argentina
Argentina terletak di kawasan Amerika Selatan. Beribu kota di Buenos Aires dan bahasa Spanyol sebagai bahasa resminya. Negara ini berbatasan dengan Paraguay dan Bolivia di sebelah utara, Brasil dan Uruguay di timur laut, dan Chili di sebelah barat. Negara ini memiliki luas wilayah 2.766.890 km².

Kota Buenos Aires

9. Kazakhstan
Kazakhstan meiliki luas wilayah 2.727.300 km². Terletak di kawasan Asia Tengah dan beribu kota di Astana. Kazakhstan memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 16 Desember 1991. Bangsa Kazakh merupakan etnik terbesar yang menempati negara ini.

Bendera Kazakhstan

10. Aljazair
Pada posisi ke-10 sebagai negara terluas di dunia diduduki oleh Aljazair dengan luas wilayah 2.381.740 km². Aljazair terletak di kawasan Afrika Utara dan beribu kota di Aljir. Nama Aljazair berasal dari bahasa Arab yang artinya kepulauan. Negara ini terdiri dari 48 provinsi dan 1.541 komune dengan jumlah penduduk lebih dari 37 juta jiwa. Mayoritas penduduk Aljazair beragama Islam karena latar belakang penduduknya yang merupakan imigran dari negara-negara Arab.

Kota Aljir

Itulah informasi unik Daftar 10 negara terluas di dunia yang saya sajikan dengan senang hati. Semoga dapat membuka wawasan Anda tentang dunia ini dan menambah motivasi dalam menjalani hidup ini. Sekian dari saya dan terima kasih. Salam... .

Daftar 10 negara terluas di dunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nurul Hidayat

0 komentar:

Posting Komentar