PENGERTIAN PASAR
Dalam kehidupan sehari-hari, pasar diartikan sebagai tempat bertemunya pembeli dan penjual. Pengertian pasar tersebut adalah pengertian pasar secara konkret.
Dalam kehidupan sehari-hari, pasar diartikan sebagai tempat bertemunya pembeli dan penjual. Pengertian pasar tersebut adalah pengertian pasar secara konkret.
Dalam ilmu ekonomi, pengertian pasar
tidak dikaitkan dengan masalah tempat, akan tetapi pengertian pasar
lebih dititik beratkan pada kegiatan. Jika ada kegiatan jual beli maka
disebut pasar, dan jika tidak terjadi jual beli maka bukan pasar. Pasar
dapat terbentuk dimana saja, kapan saja, di dalam bis, di terminal, di
halte dan lain-lain. Bahkan transaksi jual beli bisa terjadi via online
internet, surat, TV, radio, dan lain-lain. Pengertian pasar menurut ilmu
ekonomi tersebut disebut pasar abstrak.
Pasar sebagai tempat transaksi jual beli
antara pedagang dan pembeli dapat terbentuk dengan adanya syarat-syarat
sebagai berikut :
- Adanya penjual,
- Adanya pembeli,
- Tersedianya barang yang diperjualbelikan,
- Terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli.
FUNGSI PASAR
Pasar sebagai tempat transaksi jual beli antara penjual (pedagang) dan pembeli (konsumen) memiliki peran dan fungsi penting dalam kegiatan ekonomi masyarakat
Pasar sebagai tempat transaksi jual beli antara penjual (pedagang) dan pembeli (konsumen) memiliki peran dan fungsi penting dalam kegiatan ekonomi masyarakat
Asapun fungsi pasar dalam kegiatan ada tiga macam, yaitu antara lain :
1. Fungsi Distribusi
Dalam kegiatan
distribusi, pasar berfungsi sebagai mendekatkan jarak antara konsumen
dengan produsen dalam melaksanakan transaksi Pasar memiliki fungsi
distribusi menyalurkan barang-barang hasil produksi kepada konsumen.
Salah satu kegiatan
ekonomi yang pokok adalah kegiatan distribusi atau kegiatan penyampaian
barang dan jasa hasil produksi kepada konsumen. Untuk melakukan kegiatan
distribusi tersebut, dibutuhkan sarana dan prasarana di antaranya
adalah pasar.
Dalam fungsi
distribusi, pasar berperan memperlancar penyaluran barang dan jasa dari
produsen kepada konsumen. Melalui transaksi jual beli, produsen dapat
memasarkan barang hasil produksinya baik secara langsung maupun tidak
langsung kepada konsumen atau kepada pedagang perantara lainnya.
Melalui transaksi
jual beli itu pula, konsumen dapat memperoleh barang dan jasa yang
dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhannya secara mudah dan cepat. Jika
pasar dapat berfungsi dengan baik, maka kegiatan distribusi dapat
berjalan dengan lancar, tetapi jika pasar tidak dapat berfungsi dengan
baik, maka kegiatan distribusi juga akan berjalan kurang lancar.
2. Fungsi Pembentukan Harga
Sebelum terjadi
transaksi jual beli terlebih dahulu dilakukan tawar-menawar, sehingga
diperoleh kesepakatan harga antara penjual dan pembeli. dalam proses
tawar menawar itulah keinginan kedua belah pihak (antara pembeli dan
penjual) digabungkan untuk menentukan kesepakatan harga, atau disebut harga pasar.
3. Fungsi Promosi
Pasar merupakan
sarana paling tepat untuk ajang promosi, karena di pasar banyak
dikunjungi para pembeli. Pelaksanaan promosi dapat dilakukan dengan
berbagai cara, misalnya memasang spanduk, membagikan leaflet atau brosur penawaran, membagikan sampel atau contoh produk kepada calon pembeli dan sebagainya.