PENGERTIAN PASAR 
Dalam kehidupan sehari-hari, pasar diartikan sebagai tempat bertemunya pembeli dan penjual. Pengertian pasar tersebut adalah pengertian pasar secara konkret.
Dalam kehidupan sehari-hari, pasar diartikan sebagai tempat bertemunya pembeli dan penjual. Pengertian pasar tersebut adalah pengertian pasar secara konkret.
Dalam ilmu ekonomi, pengertian pasar 
tidak dikaitkan dengan masalah tempat, akan tetapi pengertian pasar 
lebih dititik beratkan pada kegiatan. Jika ada kegiatan jual beli maka 
disebut pasar, dan jika tidak terjadi jual beli maka bukan pasar. Pasar 
dapat terbentuk dimana saja, kapan saja, di dalam bis, di terminal, di 
halte dan lain-lain. Bahkan transaksi jual beli bisa terjadi via online 
internet, surat, TV, radio, dan lain-lain. Pengertian pasar menurut ilmu
 ekonomi tersebut disebut pasar abstrak.
Pasar sebagai tempat transaksi jual beli
 antara pedagang dan pembeli dapat terbentuk dengan adanya syarat-syarat
 sebagai berikut :
- Adanya penjual,
 - Adanya pembeli,
 - Tersedianya barang yang diperjualbelikan,
 - Terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli.
 
FUNGSI PASAR 
Pasar sebagai tempat transaksi jual beli antara penjual (pedagang) dan pembeli (konsumen) memiliki peran dan fungsi penting dalam kegiatan ekonomi masyarakat
Pasar sebagai tempat transaksi jual beli antara penjual (pedagang) dan pembeli (konsumen) memiliki peran dan fungsi penting dalam kegiatan ekonomi masyarakat
Asapun fungsi pasar dalam kegiatan ada tiga macam, yaitu antara lain :
1.    Fungsi Distribusi
Dalam kegiatan 
distribusi, pasar berfungsi sebagai mendekatkan jarak antara konsumen 
dengan produsen dalam melaksanakan transaksi Pasar memiliki fungsi 
distribusi menyalurkan barang-barang hasil produksi kepada konsumen.
Salah satu kegiatan 
ekonomi yang pokok adalah kegiatan distribusi atau kegiatan penyampaian 
barang dan jasa hasil produksi kepada konsumen. Untuk melakukan kegiatan
 distribusi tersebut, dibutuhkan sarana dan prasarana di antaranya 
adalah pasar.
Dalam fungsi 
distribusi, pasar berperan memperlancar penyaluran barang dan jasa dari 
produsen kepada konsumen. Melalui transaksi jual beli, produsen dapat 
memasarkan barang hasil produksinya baik secara langsung maupun tidak 
langsung kepada konsumen atau kepada pedagang perantara lainnya.
Melalui transaksi 
jual beli itu pula, konsumen dapat memperoleh barang dan jasa yang 
dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhannya secara mudah dan cepat. Jika 
pasar dapat berfungsi dengan baik, maka kegiatan distribusi dapat 
berjalan dengan lancar, tetapi jika pasar tidak dapat berfungsi dengan 
baik, maka kegiatan distribusi juga akan berjalan kurang lancar.
2.    Fungsi Pembentukan Harga
Sebelum terjadi 
transaksi jual beli terlebih dahulu dilakukan tawar-menawar, sehingga 
diperoleh kesepakatan harga antara penjual dan pembeli. dalam proses 
tawar menawar itulah keinginan kedua belah pihak (antara pembeli dan 
penjual) digabungkan untuk menentukan kesepakatan harga, atau disebut harga pasar.
3.    Fungsi Promosi
Pasar merupakan 
sarana paling tepat untuk ajang promosi, karena di pasar banyak 
dikunjungi para pembeli. Pelaksanaan promosi dapat dilakukan dengan 
berbagai cara, misalnya memasang spanduk, membagikan leaflet atau brosur penawaran, membagikan sampel atau contoh produk kepada calon pembeli dan sebagainya.
