Kamis, Agustus 1

Jajanan unik jaman dulu




Jajanan unik jaman dulu, Permen telor cecak, permen rokok, permen payung, anak mas, gulali dan rambut nenek adalah beberapa nama jajanan tempo dulu yang murah dan enak. Namun sangat disayangkan jajanan tersebut saat ini sudah tidak dapat Kita lihat lagi, baik itu seorang anak atau orang dewasa yang sedang menikmati jajanan tersebut maupun si penjualnya. Mungkin faktor penyebabnya ialah karena para penjualnya yang sudah berkurang atau para pembelinya yang sudah semakin sedikit atau bisa juga karena tidak dapat bersaing dengan jajanan modern saat ini yang semakin bertambah memikat mulai dari rasa juga penampilannya.

Bagi generasi zaman sekarang, pasti nama-nama jajanan jaman dulu tersebut sangat asing di telinga mereka dan mungkin saja mereka tidak mengetahui bahwa nama-nama jajanan tersebut adalah nama makanan. Berikut ini ada sedikit penjelasan mengenai jajanan tempo dulu:
  1. Permen telor cecak, bentuknya mirip dengan telor cecak kecil-kecil, yang membuat istimewa dari jajanan ini adalah kacang kedelai yang dibalut cokelat warna warni, harganya murah meriah.
  2. Permen rokok, bentuknya mirip dengan rokok baik itu bungkusnya maupun cara menyantapnya memang mirip rokok.
  3. Permen payung, permen yang berbentuk payung dibungkus dengan kertas yang menarik, ukurannya kecil mungil. Didalamnya dilapisi cokelat dengan rasa kacang yang gurih.
  4. Anak Mas, berbentuk mie kering yang sudah diremas dengan bumbu terpisah jadi apabila mau disantap harus dibumbui terlebih dahulu.
  5. Gulali, bahannya 100 persen berasal dari gula pasir yang dilelehkan diatas wajan, dijual dengan cara dipikul berkeliling. Gulali ini dibentuk sesuai dengan keinginan seperti bentuk pesawat terbang, bebek, bunga dan lainnya. Selan itu juga warna gulali sangat menarik perhatian anak-anak.
  6. Rambut Nenek, bentuknya memang mirip dengan rambut nenek, sangat unik. Rasanya manis dan akan lumer di mulut ketika Kita menyantapnya.

Jajanan unik jaman dulu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nurul Hidayat

0 komentar:

Posting Komentar