Mengenal India dan Karakteristiknya

0



India merupakan negara yang luas, memiliki jumlah penduduk yang besar, dan memiliki beragam budaya. Luas wilayah India sekitar 3.287.263 km². Di sebelah utara India terdapat Pegunungan Himalaya. Di sebelah selatan terdapat Dataran Tinggi Dekan. Di antara Pegunungan Himalaya dan Dataran Tinggi Dekan terdapat Dataran Tinggi Assam dan Dataran Rendah Hindustan. Dataran Tinggi Assam merupakan daerah subur dan penghasil teh terbesar di dunia. Di bagian barat terdapat Dataran Rendah Malabar dan di bagian timur terdapat Dataran Rendah Koromandel. Di bagian barat laut India terdapat Gurun Thar. Gurun ini memisahakn India dengan Pakistan. Di India juga terdapat dua sungai besar, yaitu Sungai Gangga dan Sungai Brahmaputra. Kedua sungai yang bermuara di Teluk Benggala ini dianggap suci oleh umat Hindu di India.

Penduduk asli India adalah bangsa Indo-Arya dan Dravida. India merupakan negara berpenduduk terpadat nomor tiga di dunia setelah Cina dan Amerika Serikat. Sekitar 84% penduduk India menganut agama Hindu. Sisanya menganut agama Islam, Kristen, dan Budha. Bentuk negara India adalah republik. Kepala negaranya adalah seorang presiden dan kepala pemerintahannya adalah seorang perdana menteri. Ibu kota India adalah New Delhi. Sedangkan bahasa resminya adalah bahasa Hindi.

Kegiatan ekonomi utama India adalah pertanian. Hasil pertanian India adalah beras, tebu, kapas, maizena, dan rempah-rempah. Beras dan rempah-rempah merupakan komoditas pertanian utama India. Di masa sekarang, pertanian India mulai menggunakan teknologi maju, seperti pemanfaatan pupuk dan sistem irigasi yang baik. India juga memiliki cadangan mineral dalam jumlah besar, seperti batu bara, seng, tembaga, perak, dan emas. Adapun industri yang dikembangkan di India adalah perangkat lunak komputer dan telekomunikasi. Dalam transaksi perekonomian sehari-hari, penduduk India menggunakan mata uang Rupee.

Indai juga memiliki beberapa ciri khas, diantaranya :
1.Terdapat pegunungan terkenal di dunia, yaitu Pegunungan Himalaya.
2.Terdapat lembah Kashmir yang dijuluki surganya India. 

3.Memiliki kota pelabuhan penting, yaitu Kalkuta dan Madras.
4.Terdapat makam Syah Jehan di kota Agra yang disebut Taj Mahal.
5.Terkenal dengan industri filmnya yakni Bollywood.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)