Rabu, Juni 11

Pengertian qanaah dan manfaatnya



Pengertian qanaah dan manfaatnya, Oke, kali ini saya akan membahas tentang qanaah yang meliputi pengertian qanaah dan manfaat qanaah dalam kehidupan pribadi dan dalam kehidupan bermasyarakat. Berikut Pengertian qanaah dan manfaatnya,

> Pengertian qanaah
Qanaah berasal dari kata qāni'a-qanā'atan yang artinya merasa cukup atau rela. Sedangkan menurut istilah adalah sikap rela menerima dan merasa cukup atas apa yang telah dimilikinya serta menjauhkan diri dari sifat tidak puas dan merasa kurang.

Seseorang yang memiliki sikap qanaah akan menerima dengan ikhlas semua pemberian Allah swt., dan senantiasa berpikir, Allah telah memberikan kenikmatan sesuai ukuran kebutuhan kita. Oleh karena itu, ia akan selalu bersyukur kepada Allah swt.

Sikap qanaah bukan berarti bertindak putus asa dalam mencari rezeki Allah. Manusia harus tetap berusaha mencari karunia Allah dengan cara-cara yang baik sesuai dengan kemampuan dan bakatnya. Adapun hasil dari usaha itu harus diterima dengan lapang dada seraya berserah diri kepada Allah swt.

> Manfaat qanaah dalam kehidupan pribadi
Dalam kehidupan pribadi setiap muslim, sifat qanaah dapat memberikan manfaat sebagai berikut,
1. Jiwa akan tenang dan tenteram.
2. Terhindar dari sifat tamak dan dengki.
3. Menimbulkan hati yang sabar dan penuh ketabahan.
4. Terhindar dari kekhawatiran dan keresahan.
5. Selalu puas terhadap nikmat yang diberikan Allah.
6. Sabar atas segala cobaan dari Allah.
>Manfaat qanaah dalam kehidupan bermasyarakat
Masyarakat akan menjadi baik jika dimulai dari kehidupan pribadi yang baik. Begitu pula manfaat qanaah dalam kehidupan bermasyarakat. Adanya manfaat qanaah dalam kehidupan pribadi, otomatis dalam kehidupan bermasyarakat pun sifat qanaah akan bermanfaat. Di antara manfaat sifat qanaah dalam kehidupan bermasyarakat sebagai berikut,
1. Terjalin hubungan yang harmonis dalam kehidupan bermasyarakat.
2. Tercipta masyarakat yang senantiasa jujur satu sama lain dalam setiap perbuatan.
3. Terhindar dari sifat suka menyakiti dan memfitnah.
4. Terhindar dari sifat saling iri dan dengki.
Demikian bacaan mengenai Pengertian qanaah dan manfaatnya. Semoga kita sebagai umat Islam dan umat Rasulullah bisa menerapkan sifat qanaah dalam diri kita dan mengamalkannya. Dengan begitu insyaallah kita akan selalu senantiasa merasa dekat dengan Allah swt. Amiin.

Pengertian qanaah dan manfaatnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nurul Hidayat

1 komentar:

  1. Qanaah perasaan merasa cukup dengan rezki apa yand ada. Tapi tidak bermaksud merasa cukup dengan usaha minima dan bermalas-malas bekerja.

    BalasHapus