Mengenal ASEAN (Association of Southeast Asian Nations)

0

Mengenal ASEAN (Association of Southeast Asian Nations)
 
 

ASEAN (Association of Southeast Asian Natioans) merupakan sebuah organisasi regional di kawasan Asia Tenggara, awalnya merupakan bentuk kerja sama nonmiliter nonpolitik. Terbentuknya ASEAN berawal dari kesadaran bangsa-bangsa di Asia Tenggara akan perluunya kerja sama regional dalam rangka memupuk solidaritas dan memperkuat stabilitas ekonomi di kawasan Asia Tenggara. 
Sebelum ASEAN terbentuk secara resmi, organisasi regional ini berama SEAARC (South East Asia Association for Regional Cooperation). ASEAN terbentuk berdasarkan Daklarasi Bangkok tanggal 08 Agustus 1968 yang merupakan hasil pertemuan lima orang menteri luar negeri sebagai berikut, Adam Malik (Indonesia), Tun Abdul Razak (Malaysia), Thanat Koman (Thailand), Narsisco Ramos (Filipina), S. Rajaratnam (Singapura). Kelima negara tersebut merupakan anggota ASEAN pada awal berdirinya. Selanjutnya dalam perkembangannya sampai sekarang ini anggota ASEAN sudah bertambah lima negara, yaitu :
1.)    Brunei Darussalm (tanggal 07 Januari 1984)
2.)    Vietnam (tanggal 28 Juni 1995)
3.)    Laos (tanggal 23 Juli 1997)
4.)    Myanmar (tanggal 23 Juli 1997)
5.)    Kamboja (tanggal 16 Desember 1998)
ASEAN, organisasi regional Asia Tenggara yang bekerja sama dalam bidang ekonomi, politik, dan kebudayaan. Kerja sama ASEAN pada asas-asas berikut :
a.Saling menghormati kemerdekaan, kedaulatan, persamaan dari semua anggota.
b.Mengakui hak setiap bangsa untuk hidup bebas dari campur tangan pihak luar.
c.Tidak mencampuri urusan dalam negeri masing-masing anggota, dan
d.Menyelesaikan perselisihan secara damai.
Adapun tujuan pembentukan ASEAN yaitu sebagai berikut :
a.Mempercepat pertumbuhan ekonomi, sosial, dan budaya di kawasan ASEAN.
b.Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional dengan menghormati keadilan dan tertib hukum di kawasan Asia Tenggara.
c.Meningkatkan kerja sama dan memecahkan masalah yang menyangkut kepentingan bersama di bidaang ekonomi, sosial, budaya, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi.
d.Saling memberikan bantuan dalam bentuk sarana latihan dan penelitian di bidang pendidikan, profesi, teknik, dan administrasi.
e.Bekerja sama dalam mendayagunakan pertanian dan industri, perluasan perdagangan, komoditas internasional, perbaikan sarana distribusi dan komunikasi serta perbaikan taraf hidup penduduk.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)