Cara menghilangkan watermark pada PDF dengan sangat mudah

0


Kali ini kita akan membahas tutorial cara menghilangkan watermark pada file PDF. Pernahkah teman teman mengalami masalah dengan watermark pada file PDF? Jika teman teman mengalami hal yang demikian, tenang saja karena hal tersebut bukanlah masalah besar.


Ya, meskipun sebenarnya fungsi watermark adalah untuk melindungi dokumen dari potensi pencurian hak cipta. Namun bagi teman teman yang membutuhkan dokumen sejenis, tidak perlu khawatir karena menghilangkan watermark pada dokumen bukanlah hal yang sulit.

Teman teman dapat mencoba metode berikut untuk menghapus watermark dengan cepat dari file PDF. Sudah saya siapkan 2 cara bagaimana menghilangkan watermark pada file PDF dengan mudah.

1. Dengan menggunakan Microsoft Word


Yang pertama kita bisa menggunakan Microsoft Word. Caranya sangat mudah digunakan dan bisa dipraktekkan dengan cepat. Cara ini sangat cocok bagi anda yang tidak memiliki internet.
  • Klik kanan file PDF yang ingin Anda hapus tanda airnya. Kemudian pilih Open with – Microsoft Word.
  • Akan muncul peringatan bahwa fungsi ini dapat mengonversi PDF menjadi Word yang dapat diedit, sehingga dokumen yang dihasilkan mungkin tidak terlihat sama persis dengan versi PDF. Terlebih lagi jika isi file PDF berupa grafik. Klik OK pada peringatan dan Microsoft akan mengonversi file PDF menjadi dokumen Word.
  • Jika file muncul sebagai dokumen Word, Anda dapat memilih Desain – Watermark – Hapus watermark.
  • Simpan kembali file dalam bentuk PDF. Klik Save As pada menu utama, dan pilih PDF di bagian format penyimpanan.

2. Dengan menggunakan pdfFiller


Cara yang kedua ini sangatlah mudah karena dilakukan secara online dan pastinya gratis. Situs web yang dapat kita gunakan untuk menghapus watermark dari file PDF adalah pdfFiller. Situs web profesional ini tidak hanya dapat digunakan untuk file PDF tetapi juga untuk dokumen lainnya.
  • Buka pdfFiller di browser Anda.
  • Pilih Jelajahi Dokumen di komputer Anda untuk mengupload file dari perangkat Anda. Anda juga dapat memilih dokumen yang sudah tersimpan di akun Drive Anda.
  • Setelah file diunggah, Anda dapat langsung mengeditnya dan memilih tab Watermark di sisi kanan halaman. Untuk menampilkan atau menghilangkan watermark, klik centang atau hapus centang pada kolom yang tersedia. Double klik pada ikon watermark dan Hapus.
  • Terakhir, klik tombol Selesai di pojok kanan atas halaman lalu pilih format file yang Anda inginkan, dan simpan file. Sekarang Watermark pada file PDF sudah bisa dihapus.

Bukankah sangat mudah untuk menghapus watermark dari PDF, baik dengan Microsoft Word atau online? Anda bisa memilih salah satu dari kedua cara di atas. Semua cara tersebut bisa dilakukan dengan sangat mudah, cepat dan tentunya gratis. Selamat mencoba.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)