Cara merawat mata agar tetap sehat

0


Cara merawat mata agar tetap sehat


Caramerawat mata agar tetap sehat, Sebelumnya saya ucapkan terima kasih karena sudah mau berkunjung. Oke, kangsung saja ke topik. Mata, sebagai salah satu dari lima panca indra yang dimiliki manusia, memiliki fungsi yang sangat penting. Tanpa mata kita tidak bisa menikmati keindahan alam yang sudah Tuhan ciptakan. Namun muncul permasalahan, bagaimana cara agar mata kita tetap sehat dan dapat melihat dengan jelas? Berikut saya beri tahu cara-cara merawat mata agar tetap sehat, 


·     Jangan melihat cahaya yang terlalu terang secara langsung/tiba-tiba
Tanpa cahaya mata tak dapat melihat. Namun akan berbahaya jika mata diperlihatkan dengan cahaya yang terangnya melebihi kekuatan mata. Seperti matahari, sebaiknya jangan melihat matahari sesekali pun disaat hari sedang terik. Tidak apa-apa jika melihat matahari saat hari mendung atau ketika matahari terbenam.

·     Perbanyak makanan yang mengandung zat besi
Percaya atau tidak, makanan yang mengandung zinc dan selenium juga baik untuk mata. Zat ini berfungsi memerangi radikal bebas yang dapat berdampak buruk pada kesehatan mata. Anda dapat mendapatkan zinc dari nasi, susu, daging, dan ikan tuna.

·     Banyak mengkonsumsi buah-buahan
Perbanyaklah makan buah-buahan, khususnya buah-buahan yang mengandung vitamin A seperti melon, almond, jeruk, dan pisang. Vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan dapat mencegah mata dari penyakit rabun senja, penglihatan kabur, dan katarak.

·     Melakukan olahraga
Meskipun sulit, apalagi anda seorang pekerja keras, sebaiknya tidak meremehkan olahraga. Karena, selain menyehatkan badan, melakukan olah raga juga baik untuk kesehatan mata, lebih-lebih dilakukan dengan tubuh dan jiwa yang sehat. 

·     Jangan merubah suhu mata secara tiba-tiba
Ketika kita selesai berolah raga, dan ketika berolah raga kita mendapatkan banyak sinar matahari sehingga suhu badan kita naik begitu pun dengan suhu mata. Tentu anda merasa panas dan ingin mencuci muka sekedar untuk kesegaran. Tapi sebaiknya tunggu sekitar 10-15 menit sebelum memercikan air ke wajah dan mata anda. Ini akan menghindarkan dari perbedaan suhu antara mata anda dengan air.

·     Banyak minum air putih
Usahakan setiap pagi minum air putih setidaknya satu liter yang disimpan satu malam di kendi tembaga. Ini akan membantu anda dalam menjaga kesehatan yang baik dan mata yang sehat.

·     Gunakan kacamata hitam pelindung UV
Sekarang teknologi sudah berkembang sangat pesat, termasuk juga dengan kacamata. Kacamata saat ini mempunyai fungsi yang bermacam-macam, untuk melindungi mata dari sinar UV  anda dapat menggunakan kacamata yang mempunyai lensa terpolarisasi atau kaca mata hitam pelindung mata dari sinar UV.

·     Buat mata agar bersantai
Cobalah memfokuskan mata pada suatu obyek, sebuah obyek yang agak jauh. Ulangi proses ini beberapa kali. Anda juga bisa menggunakan alternatif lain yakni, dengan duduk dengan santai, tempatkan siku di pinggul, tutup mata dengan telapak tangan anda. Pertahankan telapak tangan yang menutupi mata Anda selama 10 detik. Kemudian jauhkan telapak tangan anda dari mata dan buka mata anda secara pelan-pelan. Ulangi seperlunya.

·     Menggunakan mentimun sebagai pelembab
Untuk melembabkan mata, anda dapat menggunakan mentimun. Karena mentimun mengandung asam asorbic dan asam caffeic yang berfungsi untuk memelihara kelembaban mata. Caranya yaitu, dengan mengompres mentimun di atas kelopak mata anda. Taruh irisan mentimun yang dingin dan lembut di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari untuk mencegah mata bengkak. 

·     Jangan terlalu lama melihat layar komputer/laptop
Seperti yang kita ketahui jika layar komputer atau layar laptop dapat memancarkan radiasi yang cukup kuat. Maka jangan sampai lama-lama melihat layar komputer/laptop, jika anda terlalu lama melihat layar komputer/laptop secara konstan maka hal ini akan membuat mata lelah dan kepala akan terasa sakit. Jika anda merasakan hal ini maka usahakan berhenti sejenak agar sakit kepala anda tidak bertambah. Usahakan setiap 20 menit melihat layar komputer/laptop anda harus megalihkan pandangan ke hal yang lain, hal ini mencegah mata agar tidak kering dan tidak cepat lelah. Jangan lupa atur kecerahan layar komputer/laptop anda supaya tidak terlalu terang. 

·     Makan banyak sayuran
Memakan banyak sayuran berguna untuk menjaga mata. Akan lebih baik sayuran yang di tanam dengan cara organik. Sayuran yang dapat dipakai untuk menjaga kesehatan mata antara lain : kubis, brokoli, bayam, dan kacang hijau, yang mengandung beragam lutein, zeahanthi, dan mineral. Selain sayur-sayur di atas, anda juga bisa menggunakan wortel, yang mana mengandung vitamin A dan kaya akan beta karoten. Beta karoten tersebut merupakan antioksidan yang dapat mengurangi resiko degenerasi makula dan katarak.

·     Gunakan obat tetes mata
Gunakan obat tetes mata untuk merawat kesehatan mata anda, fungsi utama obat tetes mata ini adalah untuk membersihkan mata dari debu, melembabkan mata dan megobati mata merah. Anda dapat membeli obat tetes mata yang ada di apotek, namun sebelum memakai baca dulu aturan pakai yang ada dikemasan obat mata tersebut. Gunakan obat tetes mata ini hanya saat mata anda membutuhkan atau saat mata anda mengalami mata merah atau terkena debu. Tapi tetap ingat untuk tidak menggunakan obat tetes mata dengan berlebihan. Cukup hanya sesekali. Jika berlebihan, itu malah akan merusak kesehatan mata Anda.

·     Tidak menggunakan lensa kontak secara terus – menerus
Apakah anda termasuk pemakai lensa mata? Jika iya, usahakan jangan sampai memakai kontak lensa lebih dari 19 jam per hari, karena jika terlalu lama memakai kontak lensa akan merusak mata. Saat anda berenang, sebaiknya lepas kontak lensa anda, karena jika terkena air kontak lensa akan mudah lepas. Kecuali jika anda memakai kaca mata renang, anda dapat memakai kontak lensa anda. Dan juga, lepas kontak lensa mata saat tidur, karena lensa akan menghalangi mata untuk mendapatkan suplai oksigen.

·     Jangan membaca di ruangan yang kurang cahaya
Saat anda membaca usahakan cahaya yang ada di ruangan anda tidak terlalu gelap karena akan menyebabkan mata menjadi tegang dan cepat lelah. Jika anda membaca pada malam hari taruhlah lampu dekat dengan buku anda. Sehingga tulisan akan terlihat dengan jelas dan tidak merusak mata. 


Itulah beberapa cara untuk menjaga mata agar tetap sehat. Tidak ada salahnya jika anda mempraktikan semua cara-cara diatas. Semoga artikel ini bisa membawa manfaat bagi anda.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)