Jumat, Oktober 11

10 kota dengan penduduk terpadat di dunia



10 kota dengan penduduk terpadat di dunia, Kebanyakan ibu kota negara dijadikan pusat dari segala hal, bisnis, hiburan, pemerintahan, dan lain-lain. Dengan demikian penduduk pada ibu kota bisa lebih besar dari pada kota-kota lain pada negara yang bersangkutan. Hal ini dikarenakan banyak penduduk yang melakukan urbanisasi karena tergiur dengan aneka godaan yang ada di ibu kota. Ibu kota adalah kota besar yang tak pernah tidur.

Banyaknya penduduk di kota besar tentunya tidak sedikit pula masalah yang dihadapinya. Jalan yang macet, polusi udara, masalah sosial, dan lain-lain merupakan permasalahan yang sering dihadapi oleh kota-kota besar, terutama di ibu kota.

Meskipun tiap negara sudah menekan jumlah penduduk, namun pertumbuhan penduduk masih tinggi. Contohnya Indonesia mempunyai program Keluarga Berencana (KB). Berbagai usaha untuk mendorong keluarga muda untuk mengikuti program KB ini. Cina juga mempunyai program serupa, tiap keluarga dibatasi hanya mempunyai satu orang anak untuk menekan pertumbuhan penduduknya. Intinya tiap negara mempunyai program supaya pertumbuhan penduduknya tidak meningkat secara signifikan.


Dilansir dari The Richest (11/04/2013), 10 kota besar dengan penduduk terpadat di dunia berdasarkan sensus 2012 sebagai berikut :

10. Mexico City, Meksiko (19.463.000 jiwa)


Ibukota di Meksiko, Mexico City adalah kota keuangan yang penting untuk Amerika Utara. Produk domestik bruto (PDB) kota ini adalah US $ 390 miliar, yang membuatnya wilayah metropolitan terkaya kedelapan di dunia. Uang di kota terdiri 21 persen dari PDB nasional. Kota ini dibangun oleh Aztec dan hampir hancur dalam pengepungan Tenochtitlan pada tahun 1521. Setelah dibangun kembali, kota ini secara resmi dikenal sebagai Ciudad de Mexico.

9. Sao Paulo, Brasil (20.186.000 jiwa)


Sao Paulo adalah kota terbesar di Brazil dan terpadat di Amerika Selatan. Kota ini memiliki banyak tempat wisata, mulai dari Sao Paulo Museum of Art ke ATP Brasil Terbuka untuk Brasil Grand Prix Formula 1 Sao Paulo. Para ahli percaya bahwa antara tahun 2011 dan 2025, kota ini akan memiliki salah satu pertumbuhan ekonomi tertinggi dari setiap kota di dunia, hanya tertinggal New York City (AS) dan Tokyo (Jepang). Kota ini akan menjadi salah satu dari beberapa di negara yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2014.

8. New York City, Amerika Serikat (20.464.000 jiwa)


The Big Apple, Kota Yang Tak Pernah Tidur, dan The Center of Universe adalah nama yang diberikan kepada kota terpadat di Amerika Utara. Kota ini adalah markas PBB, serta bisnis penting lainnya dalam perjalanan, keuangan, dan industri hiburan. Kota ini terdiri dari lima borough Bronx, Brooklyn, Manhattan, Queens, dan Staten Island yang semuanya dikonsolidasikan ke salah satu kota di tahun 1898. Hal ini dianggap sebagai salah satu kota terpadat di dunia dan pada hari tertentu dapat menampilkan lebih dari 800 bahasa yang berbeda yang diucapkan.

7.Karachi, Pakistan (20.711.000 jiwa)


Karachi adalah kota terpenting bagi Pakistan yang merupakan pusat keuangan serta kota dan pelabuhan utama yang terbesar. Kota ini memiliki kepadatan hampir 6.000 orang tiap kilometer persegi dan merupakan kota terpadat di negara ini. Industri di kota ini antara lain industri tekstil, otomotif, fashion, penerbitan, dan penelitian medis. Kota ini adalah ibukota Pakistan Islamabad sampai dibangun untuk menyebarkan pembangunan di seluruh negeri secara merata.

6.Manila, Philipina (20.767.000 jiwa)


Salah satu kota yang sering kelihatan “over” ketika berbicara tentang yang paling penduduknya di dunia adalah Manila. Kebanyakan penggemar olahraga tahu kota untuk menjadi tuan rumah salah satu pertandingan tinju terbesar dalam sejarah dengan “Thrilla di Manila,” menampilkan Joe Frazier dan Muhammad Ali. Manilla adalah ibu kota negara dan salah satu dari 16 kota yang membentuk wilayah ibukota nasional Metro Manila. Manila dikenal untuk seni, pendidikan, perdagangan, kesehatan, layanan profesional, pariwisata, dan banyak lagi. Kekuatan ini membuatnya menjadi pusat negara ini dalam sejarah, budaya, ekonomi, dan pendidikan daerah.

5. Shanghai, Cina (20.860.000 jiwa)


Kota ini memiliki pelabuhan kontainer tersibuk di dunia. Shanghai adalah pemimpin dalam banyak hal di wilayah ini, dari keuangan sampai fashion. Kota terpadat di Cina dianggap sebagai pusat keuangan Asia Pasifik. Perekonomian Cina booming dapat disimpulkan semua dalam kota Shanghai. Kota ini mendapat namanya, yang berarti “Upon the Sea,” dari lokasi lama di bawah Dinasti Tang ketika duduk tepat di laut. Julukan lain untuk kota ini adalah : “The Paris of the East“.

4. New Delhi, India (22.242.000 jiwa)


Keempat kota terpadat di dunia adalah di India utara dan termasuk ibu kota negara yaitu Delhi. Abad VI SM, sejarah yang ada di balik setiap sudut di kota metropolis yang besar. Delhi dikenal untuk pasar konsumen yang besar, menarik banyak investor asing. Delhi adalah salah satu kota dengan pertumbuhan tercepat di dunia dan bisa melompat ke atas daftar ini dalam beberapa tahun ke depan jika terus tumbuh pada tingkat yang tinggi.

3. Seoul, Korea Selatan (22.547.000 jiwa)


Lebih dari setengah warga Korea Selatan menyebut kota Seoul rumah, serta lebih dari 600.000 warga internasional. Berlimpah dengan sejarah, ibukota Korea Selatan berisi empat Situs Warisan Dunia UNESCO. Taman nasional yang paling banyak dikunjungi di dunia adalah dari Mt. Bukhan, salah satu dari banyak pegunungan sekitar Seoul. Selain kaya sejarah dan alam, Seoul juga memiliki PDB tertinggi keempat di dunia, hanya di belakang Tokyo, New York City dan Los Angeles, AS.

2. Jakarta, Indonesia (26.062.000 jiwa)


Kota Jakarta didirikan pada abad keempat dan memiliki nama Batavia. Padatnya penduduk seperti yang tertulis di atas termasuk daerah penyangga seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, sehingga sering dikenal dengan Jabodetabek. Jakarta adalah ibu kota Indonesia, sebuah bangsa yang terdiri dari lebih dari 17.000 pulau, dan kota ini terletak di Pulau Jawa. Jika New York City dijuluki Big Apple, maka Jakarta dijuluki Big Durian.

1. Tokyo, Jepang (37.126.000 jiwa)


Ibukota negara pulau Jepang duduk di bagian atas sebagai daerah metropolitan terbesar di Bumi. Di kota metropolis ini berkembang mengambil tempat pertama dalam kategori lain juga rumah bagi jumlah tertinggi perusahaan Fortune 500 Global kota lain. Sebuah kandidat untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2020. Tokyo juga dianggap salah satu dari tiga ” command centers ” bagi perekonomian dunia, bersama dengan New York City dan London, Inggris.


Demikian 10 kota dengan penduduk terpadat di dunia. Semoga artikel di atas bisa menjadi bahan bacaan untuk mengisi waktu luang anda dan semoga juga bisa sebagai pengetahuan. Sekian dari saya untuk kali ini. Terima kasih.

10 kota dengan penduduk terpadat di dunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nurul Hidayat

0 komentar:

Posting Komentar