Pengertian simbiosis dan jenis-jenis simbiosis

0


Simbiosis merupakan interaksi antara dua jenis makhluk hidup yang berbeda dalam hubungan yang bersifat langsung dan erat. Organisme yang melakukan simbiosis disebut simbion

Jenis-jenis Simbiosis
Berdasarkan sifat hubungannya, simbiosis dibedakan menjadi 3 macam, yakni :

1. Simbiosis Mutualisme
Simbiosis mutualisme adalah cara hidup bersama antara dua makhluk hidup yang berbeda jenis dan keduanya saling menguntungkan. Salah satu contohnya adalah hubungan antara burung kolibri dengan bunga. Keuntungan bagi burung kolibri yaitu mendapat madu dari bunga, dan keuntungan bagi bunga yaitu dibantu penyerbukannya.

2. Simbiosis Komensalisme
Simbiosis komensalisme adalah cara hidup bersama antara dua makhluk hidup berbeda jenis di mana makhluk hidup yang satu mendapat keuntungan, dan yang lainnya juga tidak dirugikan. Salah satu contohnya adalah ikan badut dengan anemon laut. Ikan badut di sekitar anemon laut mendapatkan perlindungan dan sisa makanan dari anemon laut. Anemon laut tidak diuntungkan atau dirugikan dengan keadaan ini.

3. Simbiosis Parasitismse
Simbiosis parasitisme adalah cara hidup bersama antara dua makhluk hidup yang berbeda jenis, di mana makhluk hidup yang satu mendapatkan keuntungan, sedangkan yang lainnya dirugikan. Organisme yang mendapat keuntungan disebut parasit, dan organisme yang dirugikan disebut inang. Salah satu contohnya adalah tumbuhan tali putri dengan inangnya. Tali putri mendapat keuntungan dengan menghisap makanan dari tubuh inangnya. Sedangkan inangnya mendapat kerugian dengan keadaan tersebut.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)