Mengenal Timor Leste dan karakteristiknya

0




Mengenal Timor Leste dan karakteristiknya, Dahulu, negara ini bernama Timor Timur dan merupakan salah satu provinsi di negara Indonesia. Namun, pada jajak pendapat yang diadakan tahun 1999, sebagian besar penduduknya menginginkan kemerdekaan sehingga Timor Leste pun berdiri sebagai negara merdeka yang berdaulat penuh. Ibukota Timor Leste adalah Dilli. Sistem pemerintahannya republik sosialis. Kepala negara Timor Leste dijabat oleh seorang presidden, sedangkan kepala pemerintahan dijabat oleh seorang perdana menteri yang diangkat oleh presiden. Mata uang negara ini ialah Dollar Amerika.
Timor Leste memiliki nama resmi nasional Republika Democratica de Timor-Leste dan nama resmi internasional Democratic Republik of East Timor.

a.    Letak, luas, dan batas wilayah
Luas Timor Leste kurang lebih 15.007 km². Wilayahnya berada di bagian timur Pulau Timor. Berikut ini batas-batas geografis wilayah Timor Leste,
Sebelah utara        :      Laut Banda dan Selat Wetar
Sebelah selatan     :      Laut timor
Sebelah barat        :      Indonesia
Sebelah timur        :      Laut Arafuru

b.   Bentang alam
Wilayah negara Timor Leste terdiri atas dua wilayah yang terpisah. Sebagian wilayahnya ada yang terdapat di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Alam Timor Leste sebagian besar tidak subur, dan miskin sumber daya alam. Sumber daya alam yang dimiliki hanyalah tambang minyak bumi di Selat Timor. Tambang ini belum dieksploitasi karena menjadi sengketa dengan Australia. Gunung tertinggi di Timor Leste adalah Gunung Ramelau. Negara Timor Leste dulunya merupakan sebuah provinsi di wilayah negara Indonesia. Pada tahun 1999, sebagian besar rakyat Timor-Timur menghendaki berpisah dari negara Indonesia.



c.    Iklim
Sebagian besar wilayah negara ini mengalami iklim tropis dengan curah hujan yang kecil. Akibatnya, di wilayah Timor Leste juga banyak dijumpai sabana karena wilayahnya relatif kering.

d.   Keadaan penduduk
Pada tahun 2008, jumlah penduduk Timor Leste mencapai 1.108.777 jiwa, dengan angka pertumbuhan cukup tinggi, yaitu 3,36%. Penduduk Timor Leste terdiri atas suku-suku seperti Timor, Belu, Galo, Nombi, Sabu, Rote, dan Telun. Agama utama adalah Katholik Roma. Bahasa resmi adalah bahasa Portugis, sedangkan bahasa sehari-hari adalah Indonesia dan Spanyol.

e.    Perekonomian
Hasil pertanian utama Timor Leste adalah kopi, jagung, dan kentang. Hasil tambangnya meliputi emas, perak, dan marmer. Timor Leste juga memiliki potensi minyak bumi di Celah Timor. Namun, eksploitasi belum dapat dilakukan secara mandiri, karena masih terbatasnya sarana dan prasaran. Eksploitasi dilakukan oleh australia dengan pembagian hasil.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)