Pengertian dan penjelasan dari teks eksplanasi

0

Pengertian teks eksplanasi mampu dipahami dengan mengetahui arti dari dua kata penghubungnya, yakni “teks” dan “eksplanasi”. Dua istilah yang tadinya mempunyai arti yang berbeda kemudian bersatu menjadi arti yang baru.

Berdasarkan kamus besar bahasa indonesia (KBBI), teks artinya sebuah naskah berupa istilah atau kata orisinil yang berasal dari seorang penulis, sedangkan eksplanasi berarti penerangan atau paparan.

Secara awam, teks eksplanasi merupakan naskah yg memaparkan penjelasan mengenai fenomena kausalitas, bisa kenyataan alam, sosial, budaya, politik, aturan, ekonomi, dan sebagainya.

Jika dirangkum, maka teks eksplanasi adalah sebuah teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya sebuah fenomena, baik fenomena alam maupun sosial.

Dengan begitu, tujuan dibuatnya teks eksplanasi ialah untuk menjelaskan secara kentara mengenai proses yang terjadi pada sebuah fenomena, salah satunya memberikan penjelasan tentang terjadinya suatu fenomena secara sederhana supaya mudah dipahami.

Ciri-ciri teks eksplanasi:

  • Informasi yang dihasilkan harus berdasarkan fakta yang ada.
  • Informasi yang diberikan harus bersifat ilmiah dengan didukung bukti. 
  • Informatif dan bersifat netral atau tidak memihak.
  • Fokus pada topik umum atau sesuatu yang umum sehingga audiens dapat dengan mudah memahaminya.


Struktur teks eksplanasi: 

1. Pernyataan umum 
2. Urutan sebab akibat 
3. Interpretasi

Demikianlah pengertian dan penjelasan dari teks "eksplanasi". Walaupun simpel dan sederhana, semoga dapat dipahami dan bermanfaat bagi teman teman. Terima kasih.
Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)